Babel-Fish Earbuds


Babel-Fish Earbuds





Hambatan komunikasi sering menjadi masalah besar apalagi untuk orang yang suka berpergian ke luar negeri. Hal ini disebabkan karena mempelajari sebuah bahasa bukanlah suatu hal mudah dan jika ingin menggunakan jasa penerjemah pasti membutuhkan biaya yang banyak. Namun, sekarang tak perlu khawatir karena Google telah menciptakan alat penerjemah yang bisa membantumu menangani masalah komunikasi tersebut.
Babel-Fish Earbuds ?
Gagasan ini muncul karena terinspirasi dari Sci-fi klasik karya Douglas Adams berjudul The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy.  Banyak perusahaan besar yang mencoba merealisasikan  inovasi ini, dimana “Babel-fish” ini dapat menjadi alat yang membantu menerjemahkan bahasa untuk manusia.


Alat penerjemah ini menjadi salah satu dari 10 teknologi terobosan terbaik tahun 2017. Sepasang earbud klasik yang berhasil ditemukan Google ini lalu merevolusi industri teknologi. Babel-fish earbuds terhubung secara nirkabel dengan smartphone terbaru Google ( terutama ke Google Assistant ). Melalui Google Assistant, alat ini dapat menerjemahkan 40 bahasa yang diucapkan  dan cukup  cepat untuk mengadakan percakapan.

Cara Kerja Babel-Fish Earbuds
  • Pengkondisian Input

Earbuds akan mengambil suara-suara yang menggangu dan suara pengguna. “Denoising” akan menghapus suara yang mengganggu sementara alat pendeteksi aktivitas suara (VAD) digunakan untuk menyalakan sistem hanya ketika orang yang tepat berbicara. Kontrol sentuh digunakan untuk meningkatkan akurasi VAD.

  • Indentifikasi Bahasa (LID)

Sistem ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi bahasa apa yang digunakan dalam beberapa detik. Untuk identifikasi bahasa, karakteristik fonetis saja tidak cukup untuk membedakan bahasa sehingga representasi akustik yang benar-benar baru harus dikembangkan.

  • Pengenalan ucapan otomatis (ASR)

ASR menggunakan model akustik untuk mengubah ucapan yang direkam menjadi serangkaian fonem kemudian pemodelan bahasa digunakan untuk mengubah informasi fonetik menjadi kata-kata.


  • Pemrosesan bahasa alami (NLP)

NLP melakukan terjemahan mesin dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini tidak sesederhana mengganti kata benda dan kata kerja, tetapi termasuk men-decoding makna dari input speech dan kemudian kembali encoding makna sebagai output speech dalam bahasa yang berbeda.

  • Text To Speech

Hampir kebalikan dari ASR, TTS berfungsi mengeluarkan suara yang terdengar alami dari serangkaian kata.







Perbedaan Babel-Fish Earbuds dan Google Translate





Pertama, babel-fish earbuds memberikan terjemahan “real-time” setelah secara otomatis menentukan bahasa yang digunakan orang itu, fitur ini menjadikannya lebih praktis daripada Google Translate dimana dua orang yang berkomunikasi harus melewati ponsel satu sama lain.

Kedua, babel-fish earbuds lebih menguntungkan pengguna karena memiliki “Denoising” yang berfungsi menghilangkan kebisingan saat terjadi percakapan. Selain itu babel-fish earbuds dapat digunakan untuk menerjemahkan ke dalam 40 bahasa.

Oleh : Nathania Evelyn Kineisha 9J / 23

Komentar